Jangan Melupakan Sejarah

“Jangan Melupakan Sejarah”- Soekarno.

Ucapan Bung Karno dalam pidatonaya tahun 1960-an itulah yang mungkin melatar belakangi Rudolf Puspa menciptakan lakon “Jas Merah dari Pulau Jawa” ini.

Lakon Jas Merah dari Pulau Jawa merupakan karya besar Teater Keliling yang menampilkan karya mereka di 8 tempat di Indonesia, termasuk di Jatinangor.  Berkolaborasi dengan GSSTF, Teater Keliling mementaskan lakon ini di Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ), FIB UNPAD pada Senin, 25 April 2016.

Dengan cerita yang unik dan dekat dengan keseharian anak muda, Dofry, Ketua yayasan Teater Keliling berharap rasa nasionalisme kembali hidup dalam jiwa anak muda bangsa Indonesia.

Bekerjasama dengan GSSTF, lakon Jas Merah dari Pulau Jawa dibuka dengan penampilan grup musik GSSTF yang membawakan lagu Bongkar dari Iwan Fals. GSSTF juga menampilkan puisi berantai yang diambil dari buku Nyanyian Akar Rumput oleh Wiji Thukul. Setelah pemanasan dengan penampilan-penampilan panas dari GSSTF, barulah penonton dimanjakan dengan lakon yang kembali melahirkan jiwa nasionalisme tersebut.

Paginya, Teater Keliling juga mengadakan workshop teater. Berikut beberapa dokumentasi pementasan Jas Merah dari Pulau Jawa.

IMG_0144
Workshop Teater

IMG_0081

IMG_0225
Penampilan Grup Musik GSSTF
IMG_0254
Penampilan Puisi Berantai dari GSSTF
IMG_0284
Lakon Jas Merah dari Pulau Jawa

IMG_0307

74510

 

IMG_0348

5005
Foto Bersama seluruh jajaran GSSTF dan Teater Keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *